PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) DAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA SMA (STUDI KASUS DI SMA KARANGTURI SEMARANG)

Rini Sugiarti, Agung Santoso Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw dalam meningkatkan keterampilan sosial pada siswa SMA. Subjek penelitian ini berjumlah 46 siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest and posttest control group design. Data  penelitian dikumpulkan dengan menggunakan peer assessment keterampilan sosial. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis independent samples t test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara keterampilan sosial kelas yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan keterampilan sosial kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dalam penelitian ini juga ditemukan adanyya perbedaan rata-rata skor keterampilan sosial siswa, dimana yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingan denga siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Kata kunci : keterampialn sosial, pembelajaran kooperatif, (Numbered Head Together (NHT), Jigsaw


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v5i2.10

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762