Hubungan antara Adversity Quotient dan Dukungan Keluarga dengan Kematangan Karir Remaja Yatim di SMA di Surakarta

Naila Khusna, Nugraha Arif Karyanta, Arif Tri Setyanto

Abstract


Hubungan antara Adversity Quotient dan Dukungan Keluarga dengan Kematangan Karir Remaja Yatim di SMA di Surakarta

The Relationship between Adversity Quotient and Family Support with Career Maturity on Fatherless Adolescent In Senior High School of Surakarta

Naila Khusna, Nugraha Arif Karyanta, Arif Tri Setyanto

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

ABSTRAK

Salah satu tugas perkembangan remaja adalah memilih dan mempersiapkan karir. Kematangan karir merupakan keberhasilan seseorang dalam mencapai tugas perkembangan karir sesuai tahapan perkembangannya. Dalam mencapai kematangan karir, remaja seringkali mengalami hambatan, seperti hambatan ekonomi dan kurangnya dukungan keluarga. Hambatan tersebut juga banyak dialami oleh remaja yatim. Adversity Quotient dan dukungan keluarga merupakan hal-hal yang diduga terkait dengan kematangan karir remaja yatim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara adversity quotient dan dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim (2) hubungan antara adversity quotient dengan kematangan karir remaja yatim (3) hubungan antara dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim.

Populasi dalam penelitian ini remaja yatim di SMA di Surakarta yang terdiri dari 37 sekolah. Pemilihan tempat penelitian menggunakan cluster random samplig, sehingga dari 37 sekolah didapatkan 12 sekolah untuk tempat  penelitian (5 SMA Negeri dan 7 SMA swasta). Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh subjek sebanyak 98 dari 120 remaja yatim yang lolos kriteria tertentu.Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tiga skala psikologis, yaitu skala kematangan karir (α=0,877, r=0,349), skala adversity quotient (α=0,910, r=0,349), dan skala dukungan keluarga (α=0,905, r=0,349). Hipotesis pertama diuji menggunakan analisis regresi ganda, dan untuk menguji hipotesis kedua serta ketiga menggunakan analisis korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara adversity quotient dan dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim di SMA di Surakarta. Nilai F-test=6,390; p<0,05, dan nilai R=0,344. Secara parsial, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara adversity quotient dengan kematangan karir (rx1-y=0,219, p<0,05), dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kematangan karir (rx2-y=0,120, p>0,05). Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,119 atau 11,9%, terdiri atas sumbangan efektif adversity quotient terhadap kematangan karir pada remaja yatim sebesar 8,17% dan sumbangan efektif dukungan keluarga terhadap kematangan karir pada remaja yatim sebesar 3,69%.

 

Kata kunci: kematangan karir, adversity quotient, dukungan keluarga, remaja yatim.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v9i1.101

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762