Hubungan antara Kualitas Kelekatan Orang Tua dan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kendalrejo Surakarta

Gita Yolanda, Suci Murti Karini, Mahardika Supratiwi

Abstract


ABSTRAK

 

Perilaku agresif merupakan perilaku yang menyimpang pada anak. Hal ini menjadi persoalan penting karena perilaku agresif dapat merugikan lingkungan maupun orang lain, baik secara fisik maupun psikis. Hal yang mungkin turut menentukan munculnya perilaku agresif pada anak adalah kualitas kelekatan orang tua dan kontrol diri.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara kualitas kelekatan orang tua dan kontrol diri dengan perilaku agresif, (2) mengetahui hubungan antara kualitas kelekatan orang tua dengan perilaku agresif, (3) mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SDN Kendalrejo Surakarta.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Kendalrejo Surakarta

yang  berjumlah  55  siswa.  Teknik  yang  digunakan  dalam  pengambilan  sampel  adalah teknik sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku agresif (reliabilitas

0,809),  skala  kualitas  kelekatan  orang  tua  (reliabilitas  0,854),  dan  skala  kontrol  diri

(reliabilitas 0,852).

Hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung = 59,378 >Ftabel= 2,77 (p = 0,000 < 0,05); R

= 0,834, artinya terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara kualitas kelekatan orang  tua  dan  kontrol  diri  dengan  perilaku  agresif.  Secara  parsial,  tidak  terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas kelekatan orang tua dengan perilaku agresif (p =

0,541 > 0,05), namun terdapat hubungan negatif signifikan yang kuat antara kontrol diri dengan perilaku agresif (R = -0,746; p = 0,000 < 0,05), artinya semakin tinggi kontrol diri maka  semakin  rendah  perilaku  agresif.  Kualitas  kelekatan  orang  tua  dan  kontrol  diri secara memberi sumbangan efektif sebesar 69,5% (R2 = 0,695) terhadap perilaku agresif, namun sumbangan kualitas kelekatan orang tua terhadap perilaku agresif hanya sebesar

3,39% dan 66,15% sisanya merupakan sumbangan dari variabel kontrol diri. Simpulan dari

penelitian ini yaitu, terdapat hubungan signifikan yang sangat kuat antara kualitas kelekatan orang tua dan kontrol diri dengan perilaku agresif, tidak terdapat hubungan signifikan antara kualitas kelekatan orang tua dengan perilaku agresif, dan terdapat hubungan negatif signifikan yang kuat antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SDN Kendalrejo Surakarta.

 

Kata kunci: Perilaku agresif, kualitas kelekatan orang tua, kontrol diri, siswa sekolah dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v10i2.129

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762