Perbedaan Psikoedukasi “TAPIS” Melalui Metode Latihan Gugus Tugas dan Presentasi Terhadap Pengetahuan Internet Sehat dan Aman Pada Orangtua

Irma Ari Noviyanti, Lisnawati .

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai perbedaan Psikoedukasi TAPIS melalui metode latihan gugus tugas dan presentasi terhadap pengetahuan internet sehat dan aman pada orangtua. Subjek pada penelitian ini adalah orangtua wali murid kelas VIII MTs “X” Sleman sebanyak 40 orang yang terdiri dari 28 orang perempuan dan 12 orang laki-laki, yang memiliki pengetahuan internet sehat yang rendah berdasar hasil studi pendahuluan. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah between subjects factorial design 2x2. Tingkat pengetahuan diukur menggunakan tes prestasi yang dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian diuji menggunakan uji statistik Two Way Anova dan Mann-Whitney U. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengetahuan internet sehat dan aman yang diberikan psikoedukasi menggunakan metode latihan gugus tugas dan presentasi, ditunjukkan dengan nilai p = 0.550 (> 0.05).

Kata kunci: Latihan Gugus Tugas; Orangtua; Pengetahuan Internet Sehat dan Aman; Presentasi; Psikoedukasi “TAPIS”


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v11i1.137

Copyright (c) 2019 WACANA



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762