Peristiwa Apa Yang Mendekatkan Anak Dengan Tuhannya? Perspektif Psikologi Islam
Abstract
Abstrak
Konsep Tuhan merupakan perwujudan keimanan seseorang terhadap Tuhannya. Konsep Tuhan adalah perpaduan kesan yang terpisah mengenai hal-hal yang berkenaan tentang Tuhan yang sudah bisa didapatkan dari masa kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang peristiwa apa yang mendekatkan anak dengan Tuhannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Psikologi Indijinus dengan memberikan pertanyaan terbuka, “ Peristiwa apakah yang mengingatkanmu tentang Tuhanmu?”. Responden dalam penelitian ini adalah 200 siswa kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu di Pekanbaru. Data diolah dengan menggunakan Nvivo 8.0. Berdasarkan hasil analisis didapatkan empat tema besar berkaitan dengan peristiwa yang mendekatkan anak dengan Tuhan yaitu cobaan (43%), ibadah (33,5%), nikmat (9,5%), dan tidak beribadah (3%). Hasil ini menunjukkan bahwasanya representasi mental konsep Tuhan pada anak dapat digambarkan dalam bentuk aspek evaluatif anak tentang Tuhannya. Evaluasi tersebut terbagi atas dua penilaian yakni penilaian positif dan negatif. Penilaian positif meliputi ibadah dan nikmat, sedangkan penilaian negatif meliputi cobaan dan kesalahan.
Kata kunci : Anak, Konsep Tuhan, Peristiwa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v11i1.139
Copyright (c) 2019 WACANA
Jurnal Wacana
Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762