HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN LOYALITAS MEREK DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BODY LOTION PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Aan Nurfitriana, Bagus Wijanarko, Aditya Nanda Priyatama

Abstract


Setiap konsumen mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi. Pengambilan keputusan pembelian merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan dalam tercapainya kebutuhan tersebut. Banyak proses yang akan dilalui seorang konsumen dalam memenuhi kebutuhannya tersebut. Proses pengambilan keputusan pembelian dilakukan agar konsumen mendapatkan produk sesuai dengan harapan. Citra merek dan loyalitas merek merupakan konsep personal dalam diri seorang konsumen yang terkait dengan pengambilan keputusan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dan loyalitas merek dengan pengambilan keputusan pembelian body lotion pada mahasiswi Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Program Studi Psikologi UNS yang memakai body lotion. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala pengambilan keputusan pembelian, skala citra merek dan skala loyalitas merek. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan nilai F-test=86,350, p<0,05, dan nilai R=0,787, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara citra merek dan loyalitas merek dengan pengambilan keputusan pembelian pada mahasiswi Program Studi Psikologi UNS. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai rx1y = 0,251; p<0,05, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara citra merek dengan pengambilan keputusan pembelian. Nilai rx2y = 0,567; p<0,05, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara loyalitas merek dengan pengambilan keputusan pembelian.. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,620 atau 62%, terdiri atas sumbangan efektif citra merek dengan pengambilan keputusan pembelian sebesar 15,19%, dan sumbangan efektif loyalitas merek dengan pengambilan keputusan pembelian sebesar 46,81%. Ini berarti masih terdapat 38% factor lain yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian selain citra merek dan loyalitas merek.

Kata kunci : pengambilan keputusan pembelian, citra merek, loyalitas merek, body lotion


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v5i1.18

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762