PENGEMBANGAN MODUL INTERVENSI MENGENAI PERLAKUAN ORANG TUA YANG MENGHAMBAT PERKEMBANGAN REMAJA DAN MEMICU KONFLIK DALAM HUBUNGAN ORANGTUA DAN REMAJA (Suatu studi di lembaga kursus Sony Sugema Bandung)

Rin Widya Agustin

Abstract


Karakteristik perkembangan remaja yang meliputi perubahan biologis pubertas, perubahan kognitif dan perubahan sosial memunculkan perilaku yang dipandang orang tua sebagai perilaku ketidakpatuhan, melawan dan menentang orang tua. Untuk menangani “ketidakpatuhan” ini, orang tua cenderung berusaha mengawasi dengan lebih ketat, mengendalikan dengan lebih kuat dan memberi lebih banyak tekanan agar remaja tidak melarikan diri dan lepas dari genggaman. Perlakuan orang tua yang dilandasi oleh pandangan negatif terhadap karakteristik normal perkembangan remaja ini, menghambat perkembangan remaja  dan memicu konflik dalam hubungan orang tua – remaja. Kondisi ini merupakan permasalahan yang perlu dilakukan segera upaya untuk mengatasinya. Peneliti  tertarik untuk melakukan kegiatan asesmen guna mendapatkan gambaran aktual yang lebih jelas mengenai perlakuan orang tua ini. Hasil asesmen akan dijadikan dasar analisa kebutuhan belajar orang tua agar dapat memperbaiki perlakuannya terhadap remaja. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan menyusun suatu modul intervensi dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar orang tua tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif. Kegiatan asesmen dilakukan dengan teknik kuesioner mengenai perlakuan orang tua terhadap remaja. Perlakuan tersebut berdasarkan konsep teori yang digunakan merupakan kesalahan karena menghambat pencapaian kecakapan tugas perkembangan remaja dan memicu konflik dalam hubungan orang tua dan remaja. Indikator kesalahan orang tua dalam kuesioner dilihat dari masing-masing karakteristik perkembangan remaja. Populasi penelitian ini adalah orang tua remaja pada lembaga kursus Sony Sugema Bandung, dengan karakteristik orang tua (usia dibawah 50 tahun) remaja (usia 16 sampai 21 tahun). Sampel diperoleh dengan cara accidental sample, dimana peneliti menggunakan seluruh populasi, kepada seluruh populasi diberikan kuesioner, responden yang mengembalikan kuesioner dugunakan sebagai sampel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden orang tua melakukan kelima indikator kesalahan perlakuan terhadap beberapa karakteristik perkembangan remaja, pada tingkat kadang-kadang dan agak sering melakukan. Berdasarkan kebutuhan belajar berupa menyadari kesalahan perlakuan, menyadari pentingnya memberikan perlakuan yang tepat (sesuai isi pokok kesalahan perlakuan) dan belajar cara memberikan perlakuan yang tepat, maka TIU intervensi adalah meningkatnya kemampuan orang tua dalam memberikan perlakuan kepada remaja yang membantu perkembangan remaja dan tidak memicu konflik dalam hubungan orang tua dan remaja. TIK intervensi adalah orang tua mampu memahami karakteristik perkembangan remaja, mampu memahami perasaan – emosi remaja, mampu mendengarkan remaja, mampu memberikan batasan yang masuk akal kepada remaja, dan mampu memberikan pilihan yang memadai kepada remaja. Kelima TIK intervensi dirancang dalam bentuk pelatihan dengan beberapa tahapan pelatihan.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v1i1.67

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762