Hubungan antara Self-efficacy dan Hardiness dengan Work engagement pada Anggota DPRD Kota Surakarta

Nugraini Aprilia, Aditya Nanda Priyatama, Pratista Arya Satwika

Abstract


Hubungan antara Self-efficacy dan Hardiness dengan Work engagement pada Anggota DPRD Kota Surakarta


The Relationship Between Self-efficacy and Hardiness with Work engagement on Surakarta City Council Members


Nugraini Aprilia, Aditya Nanda Priyatama, Pratista Arya Satwika
nugrainiaprilia@gmail.com

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran
Universitas Sebelas Maret


ABSTRAK

Work engagement adalah suatu keadaan positif mengenai pemenuhan pekerjaan yang berupa keterlibatan secara fisik, kognitif dan emosional selama menjalankan peran kerjanya. Sumber Daya Manusia yang memiliki engagement terhadap pekerjaannya akan membantu tercapainya tujuan dari organisasi tempatnya bekerja. Pada anggota DPRD Kota Surakarta, work engagement yang tinggi akan membantu tercapainya tiga fungsi DPRD, yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Work engagement pada suatu individu dipengaruhi oleh berbagai variabel, diantaranya yaitu self-efficacy dan hardiness. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan hardiness dengan work engagement, hubungan antara self-efficacy dengan work engagement, dan hubungan antara hardiness dengan work engagement pada anggota DPRD Kota Surakarta.

Populasi dalam penelitian ini merupakan 45 anggota DPRD Kota Surakarta periode 2014-2019. Sampling yang digunakan adalah total sampel. Sampel penelitian berjumlah 44 anggota DPRD Kota Surakarta. Instrumen yang digunakan adalah skala work engagement, skala self-efficacy, dan skala hardiness.
Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,066 (< Ftabel 3,18) dengan p > 0,05, dan nilai R = 0,361. Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,130 atau 13%, dimana sumbangan efektif self-efficacy sebesar 10,49% dan sumbangan efektif hardiness sebesar 2,50%. Secara parsial, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan work engagement (rx1y = 0,276), p > 0,05; serta tidak terdapat hubungan antara hardiness dengan work engagement (rx2y = 0,108), p > 0,05.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan hardiness dengan work engagement, antara self-efficacy dengan work engagement, dan antara hardiness dengan work engagement pada anggota DPRD Kota Surakarta. Peningkatan kualitas aspek dedication dan aspek absorption akan berpengaruh terhadap tingkat work engagement yang tinggi.

Kata kunci: hardiness, self-efficacy, work engagement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v7i1.78

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762