MOTIVASI BERPRESTASI DITINJAU DARI HARDINESS, IKLIM SEKOLAH, DAN PERSEPSI TENTANG HARAPAN ORANG TUA (STUDI PADA SISWA OLIMPIADE DI SMA N 3 SEMARANG)
Abstract
ABSTRAK
Dunia pendidikan di Indonesia beberapa tahun belakangan telah mengalami perkembangan pesat. Pendapat pemerintah mengenai penurunan tajam pendidikan di tanah air, sehingga program olimpiade dibuat sebagai upaya peningkatan mutu. Adanya program olimpiade, meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa. Motivasi berprestasi dipengaruhi secara internal dan eksternal. Faktor yang mempengaruhi di antaranya adalah hardiness, iklim sekolah, dan persepsi tentang harapan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness, iklim sekolah, dan persepsi tentang harapan orang tua dengan motivasi berprestasi; hubungan antara hardiness dengan motivasi berprestasi; hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi; hubungan antara persepsi tentang harapan orang tua dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas olimpiade di SMA N 3 Semarang.
Sampel pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas olimpiade sejumlah 54 siswa dengan merujuk pada penelitian populasi. Instrumen yang digunakan adalah skala hardiness (r=0,823), skala iklim sekolah (r=0,862), skala persepsi tentang harapan orang tua (r=0,915), dan skala motivasi berprestasi (r=0,920). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara hardiness, iklim sekolah, dan persepsi tentang harapan orang tua dengan motivasi berprestasi (Fhitung=6,094 > Ftabel=3,18, p=0,001<0,05; r=0,517). Uji parsial pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan positif antara hardiness dengan motivasi berprestasi (r= 0,319, p= 0,021 < 0,05), terdapat hubungan signifikan positif antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi (r= 0,484, p= 0,000 < 0,05), dan tidak terdapat hubungan signifikan antara persepsi tentang harapan orang tua dengan motivasi berprestasi (r= 0,067, p= 0,637 < 0,05). Nilai koefisien determinasi R2= 0,268 artinya hardiness, iklim sekolah, persepsi tentang harapan orang tua secara bersama-sama memberi sumbangan 26,8% terhadap motivasi berprestasi dengan sumbangan 6,04% dari hardiness, 19,97% dari iklim sekolah, dan 0,79% dari persepsi tentang harapan orang tua. Hipotesis keempat pada penelitian ini tidak terbukti karena adanya pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: hardiness, iklim sekolah, persepsi tentang harapan orang tua, motivasi berprestasi, siswa olimpiade
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v11i1.141
Copyright (c) 2019 WACANA
Jurnal Wacana
Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762