Kausalitas Anak dan Orang Tua : Relevansi antara Teori Konvergensi dalam Psikologi Pendidikan Barat dengan Teori Fitrah dalam Perspektif Islam
Abstract
Abstrak: Artikel ini merupakan kajian penelitian konseptual yang akan memaparkan pola hubungan kausalitas anak dan orang tua menurut teori konvergensi dalam psikologi pendidikan barat dan pandangan teori fitrah dalam perspektif pendidikan Islam. Jika kedua teori ini disandingkan maka akan ditemukan relevansi satu sama lain. Hal yang menarik dalam kajian ini adalah kedua teori ini menempatkan seorang anak sebagai pihak penerima pengaruh (pendidikan) sedangkan orang tua diposisikan sebagai pihak pemberi pengaruh (pendidikan) dalam kehidupan anak. Dalam pandangan Islam ketika orang tua telah tiada maka hasil pemberian pengaruh (pendidikan) terhadap anak akan berpengaruh pada kehidupan orang tuanya kelak. Sehingga dalam hal ini akan terdapat hubungan kausalitas antara keduanya. Kajian ini dilatarbelakangi adanya persoalan ketidaksepemahaman tentang tanggung jawab pendidikan antara guru dan orang tua. Metode penelitian menggunakan literature review dalam kajian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mencoba membandingkan antara dua teori pendidikan barat dan teori pendidikan Islam. Simpulan dari kajian tentang teori konvergensi dan teori fitrah adalah adanya satu titik temu antara keduanya meskipun kedua teori tersebut bersumber dari sumber yang berbeda yakni literatur barat dan literatur Islam.
Kata kunci: kausalitas, konvergensi, Islam.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.165
Copyright (c) 2020 WACANA
Jurnal Wacana
Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762