Fatherhood dan Indeks Prestasi (IP) Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta

Bijak Aditia Hutomo, Fathimah Miftahul Jannah, Tahlia Latifah

Abstract


Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu hal mendasar yang sangat dibutuhkan oleh manusia, sama halnya dengan pengasuhan orangtua. Sebagai bagian dari pendidikan, mahasiswa merupakan seseorang yang berada dalam tahapan perkembangan remaja menuju dewasa awal. Dalam beberapa teori, remaja lebih cenderung terlibat dengan teman sebaya daripada orangtuanya. Keterlibatan yang lebih pada teman sebaya tidak berarti remaja tidak terlibat secara seutuhnya dengan orang tuanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mencari gambaran Fatherhood dan Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta. Literatur lain menunjukkan bahwa keterlibatan ayah memiliki kontribusi yang sangat besar pada prestasi akademik anak usia 13-15 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Fatherhood Scale yang dikembangkan oleh Gary L. Dick pada tahun 2016. Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi angkatan 2016 dan 2017. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi gambaran sederhana mengenai bagaimana Fatherhood dan Indeks Prestasi (IP) Akademik yang ada pada mahasiswa.

Keyword: Fatherhood, Mahasiswa, Indeks Prestasi Akademik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.169

Copyright (c) 2020 WACANA



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762