Studi Eksplorasi Keberfungsian Full Day School Bagi Orangtua dan Anak pada SDIT Muhammadiyah 019 Bangkinang Kampar

Indah Puji Ratnani, Ricca Angreini unthe

Abstract


ABSTRAK

Sekolah full day menjadi sesuatu yang menarik perhatian masyarakat, terutama bagi orangtua. Sistem full day school menawarkan berbagai macam keuntungan bagi orangtua yang bekerja namun tetap menginginkan anak mendapatkan pendidikan maksimal. Kenyataanya, tidak semua anak merasakan dampak positif dan kenyamanan dari sistem full day yang diberlakukan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberfungsian Full Day School Bagi Orangtua dan Anak Pada SDIT Muhammadiyah 019 Bangkinang Kampar yang memiliki kelas Tahfiz sebagai program unggulan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, tiga orang guru, dua puluh wali murid dan dua puluh lima siswa kelas tahfiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dan orang tua sama-sama merasakan manfaat dari full day school. Anak merasakan perasaan senang dan bahagia. Orang tua merasakan perubahan akhlak dan prestasi akademik anak semakin baik setelah mengikuti full day school.

Keyword : Full day School, Orangtua, anak, SD IT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v12i2.176

Copyright (c) 2020 WACANA



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762