Interaksi Sosial Dan Kecerdasan Moral Pada Remaja
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi sosial terhadap kecerdasan moral pada remaja. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja usia SMP sebanyak 116 orang. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecerdasan moral dan skala interaksi sosial. Hasil uji validitas pada instrumen penelitian diperoleh data bahwa pada skala kecerdasan moral terdapat 34 aitem sahih dan pada skala interaksi sosial terdapat 28 aitem sahih. Uji reliabilitas masing-masing skala menggunakan formula Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa skala kecerdasan moral (0,896) dan skala interaksi sosial (0,918) termasuk sangat reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil analisis data diperoleh F = 141,884 dengan signifikasi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan interaksi sosial terhadap kecerdasan moral. Sumbangan efektif interaksi sosial terhadap kecerdasan moral sebesar 0,554. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh interaksi sosial terhadap kecerdasan moral adalah sebesar 55,4% sedangkan 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan memilih metode dalam upaya peningkatan kecerdasan moral pada remaja.
Kata kunci: interaksi sosial; kecerdasan moral; remaja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v11i2.145
Copyright (c) 2019 WACANA
Jurnal Wacana
Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762