PERAN DUKUNGAN KELUARGA DAN KEHARMONISAN PERKAWINAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SPIRITUAL ANAK

Netty Herawati, Setyaningsih ., S.Mulyanto Herlambang

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran dukungan keluarga dan keharmonisan perkawinan orang tua dalam pendidikan spiritual anak. Metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan tiga skala yaitu skala dukungan keluarga, skala keharmonisan perkawinan orang tua dan skala pendidikan spiritual anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan 30 orang sampel. Teknik analisis data mengunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dukungan keluarga dan keharmonisam perkawinan orang tua terhadap pendidikan spiritual anak, dengan F hitung sebesar 9,696 dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Artinya semakin besar dukungan keluarga dan semakin harmonis perkawinan orang tua maka semakin baik pendidikan spiritual anak. Besarnya kontribusi atau sumbangan efektif menunjukkan nilai R square sebesar 0,418, yang artinya sumbangan efektif dukungan keluarga dan keharmonisan perkawinan orang tua terhadap pendidikan spiritual anak sebesar 41,8%. Sedangkan sisanya 58,2 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

 

 

Kata kunci : pendidikan spiritual, keharmonisan perkawinan, dukungan keluarga


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v11i2.147

Copyright (c) 2019 WACANA



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762