HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DENGAN PILIHAN KARIR WIRAUSAHA PADA MAHASISWA ANGGOTA MULTI LEVEL MARKETING TIANSHI

Fajar Baharudin, Munawir Yusuf, Nugraha Arif Karyanta

Abstract


Salah satu ciri negara maju adalah 6% penduduknya bekerja sebagai wirausahawan. Di Indonesia angka ini baru mencapai 2,1%, untuk itu pilihan karir wirausaha harus ditingkatkan melalui pendidikan formal maupun nonformal. Hal ini menuntut pengembangan jiwa-jiwa kewirausahaan dan peningkatan keyakinan diri agar setiap individu yakin dan mampu berwirausaha.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan jiwa kewirausahaan dengan pilihan karir wirausaha. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa anggota multi level marketing Tianshi. Teknik pengambilan sampel dengan purpossive sampling. Alat  pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri, skala jiwa kewirausahaan, dan skala pilihan karir wirausaha. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan perhitungan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, diperoleh hasil p-value 0,000 < 0,05 sedangkan F hitung 16,107 dan F tabel 3,133 serta R= 0,766. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan jiwa kewirausahaan dengan pilihan karir wirausaha. Analisis data menunjukkan nilai R square sebesar 0,587. Angka tersebut mengandung pengertian bahwa dalam penelitian ini efikasi diri dan jiwa kewirausahaan memberikan sumbangan efektif sebesar 58,7% terhadap  pilihan karir wirausaha pada mahasiswa anggota multi level marketing Tianshi.

Kata Kunci : efikasi diri,  jiwa kewirausahaan, pilihan karir wirausaha


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v4i1.27

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762