ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SEMARANG

Rini Sugiarti, Agung Santoso Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor internal dan eksternal  yang mempengaruhi keberhasilan  belajar  siswa slow learner . Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa slow learner. Angket tersebut dirancang berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa slow learner, yang meliputi faktor internal  serta faktor eksternal.  Subjek penelitian ini adalah semua  guru SLB Negeri Semarang , yang berjumlah 112 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik statisik deskriptif dengan tendensi sentral mean.

Hasil  analisis data menunjukkan bahwa 20. 3 % keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh dukungan keluarga. Lebih lanjut dari analisis data juga menunjukkan bahwa interaksi dengan teman, mendorong dan memotivasi siswa untuk berprestasi lebih baik lagi. Interaksi dengan siswa lain, merupakan faktor kedua (17.2 %) yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa.  Dapat disimpulkan bahwa Faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa slow learner adalah dukungan keluarga. Keluarga merupakan tempat pertama dan terlama bagi anak dalam  upaya mengembangkan kemampuan diri, baik kemampuan kognitif maupun sosialnya. Selain keluarga, interaksi dengan teman sebaya (peer), dapat mendorong siswa slow learner untuk berprestasi seoptimal mungkin

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v5i1.71

Copyright (c)



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762