ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa slow learner . Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa slow learner. Angket tersebut dirancang berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa slow learner, yang meliputi faktor internal serta faktor eksternal. Subjek penelitian ini adalah semua guru SLB Negeri Semarang , yang berjumlah 112 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik statisik deskriptif dengan tendensi sentral mean.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 20. 3 % keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh dukungan keluarga. Lebih lanjut dari analisis data juga menunjukkan bahwa interaksi dengan teman, mendorong dan memotivasi siswa untuk berprestasi lebih baik lagi. Interaksi dengan siswa lain, merupakan faktor kedua (17.2 %) yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Dapat disimpulkan bahwa Faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa slow learner adalah dukungan keluarga. Keluarga merupakan tempat pertama dan terlama bagi anak dalam upaya mengembangkan kemampuan diri, baik kemampuan kognitif maupun sosialnya. Selain keluarga, interaksi dengan teman sebaya (peer), dapat mendorong siswa slow learner untuk berprestasi seoptimal mungkinFull Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v5i1.71
Copyright (c)
Jurnal Wacana
Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126
email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762