Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil

Intan Puspitasari, Miftah Khilmi Hidayatulloh

Abstract


Abstrak. Bercerita merupakan salah satu metode untuk menanamkan nilai moral- spiritual pada anak usia dini. Metode bercerita efektif untuk dilakukan pada anak usia dini karena anak sedang berada pada tingkat dongeng (fairy tale stage) dalam tahap perkembangan spiritualnya. Pada tahapan ini anak tertarik dengan cerita menakjubkan sehingga mengembangkan daya imajinasinya. Kondisi ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua maupun pendidik untuk dapat menanamkan berbagai nilai moral- spiritual pada anak melalui sebuah cerita. Untuk menarik minat anak, cerita dapat disampaikan dengan berbagai cara yang lebih sesuai dengan kemajuan zaman saat ini. Dua diantaranya adalah dengan media interaktif dan story telling- story acting. Al quran sebagai pedoman hidup umat Islam sarat akan pelajaran yang tertuang dalam firman-firman Allah. Adapun beberapa pelajaran tersebut disampaikan melalui kisah Nabi, umat terdahulu maupun kisah-kisah binatang. Artikel ini merupakan gagasan tertulis yang membahas tentang pesan-pesan moral yang dapat diambil dari karakter fabel dalam Surat Al-Fiil. Metode yang dilakukan dalam pembuatan artikel ini dilakukan dengan literature review menggunakan tinjauan psikologi melalui teori perkembangan moral- spiritual dan tafsir Al Quran. Tujuan dari artikel ini adalah memberikan wawasan baru mengenai penanaman nilai moral pada anak dengan menyampaikan pesan-pesan moral dari cerita fabel dalam Al Quran. Kata kunci: Nilai Moral, Cerita Fabel, Surat Al-Fiil, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.166

Copyright (c) 2020 WACANA



Jurnal Wacana

Program Studi Psikologi
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)
Gedung D Fakultas Kedokteran
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Jebres, Surakarta Jawa Tengah 57126

email : wacana@mail.uns.ac.id
Phone : 081326277762